Jaga Imunitas, Ini Pengalaman Seminggu Minum Air Jahe, Serai, dan Kunyit

semenjak wabah virus corona menyebar di Indonesia sepertinya membuat rakyat semakin aware menggunakan kesehatan mereka. Termasuk saya. Segala cara saya lakukan untuk menjaga sistem imunitas tubuh.

Mulai berasal makan makanan sehat, lebih intens berolah raga, hingga rutin minum air rebusan jahe, serai, dan kunyit. Ya, semenjak gosip virus corona kian merebak, kuliner serta minuman ‘anti-corona’ pun bermunculan; keliru satu yg paling ramai merupakan empon-empon.

Jaga Imunitas, Ini Pengalaman Seminggu Minum Air Jahe, Serai, dan Kunyit

intinya minuman ini merupakan jamu tradisional yg dirancang asal rempah-rempah pada Tanah Air. Rempah yang digunakan pula biasa kita temukan di pasaran; seperti jahe, serai, temulawak, serta kunyit. Bukan cuma itu, terdapat juga yang melengkapi menggunakan rempah lain mirip kencur.

aku pun menetapkan untuk mencoba mulai mengonsumsi minuman tradisional ini, lagi-lagi demi menjaga sistem imun. tapi aku enggak memaksa harus lengkap rempahnya, sedapatnya saja pada pasar. karena, sejak empon-empon ini dikenal menjadi minuman anti corona harga rempah ikut melonjak.

Terakhir mak aku beli jahe pada tukang sayur harga per kilogramnya mencapai Rp 60 ribu. Itu buat jenis jahe putih, jikalau jahe merah mencapai Rp 100 ribu per kilo, pungkasnya.

buat itu saya menetapkan rutin merebus jahe putih dan serai saja, karena keduanya paling praktis didapat. 5 hari pertama aku rutin minum ramuan ini minimal dua gelas per hari. Paling enak minumnya waktu masih hangat. Soalnya rasa jahenya akan semakin pedas serta melegakan tenggorokan ketika panas.

Oiya, cara mengolahnya mudah, kok. saya biasa pakai 1/2 butir jahe serta 2 batang serai buat sekali rebus pada panci berukuran sedang. Sebelum direbus jahe dikupas dan dicuci, begitu jua dengan serai; pangkas bagian atasnya kemudian cuci higienis.

Geprek keduanya, tidak perlu sampai musnah. kemudian tuang dalam air mendidih dan rebus 10-15 menit hingga air berubah agak kecokelatan.

Lantas, apa manfaat asal minum air rebusan jahe serta serai?

Selama meminum air rebusan ini terdapat beberapa manfaat rebusan jahe kunyit dan sereh yg saya nikmati. Meski cita rasanya terkadang agak aneh, akan tetapi aku mantapkan hati untuk rutin meminumnya. Berikut manfaat asal pengalaman saya selama seminggu minum air jahe, serai, dan kunyit ini:

1. Melegakan tenggorokan serta pernapasan

Meski cita rasanya agak aneh –terkadang terasa mirip kuah sup– tapi aku relatif merasakan manfaatnya. Paling jelas terasa kala menenggak segelas air rebusan jahe serta serai hangat artinya tenggorokan jadi terasa lega. Pernapasan jua terasa lebih plong serta segar!

2. Bikin tidur lebih nyenyak

Beda lagi jikalau meminumnya sebelum tidur. Meneguk segelas air rebusan ini ternyata membentuk tidur aku lebih nyenyak serta berkualitas. Rupanya memang sudah terdapat penelitian di tahun 2015 asal Memorial Sloan Kettering Cancer Center, Amerika perkumpulan yang mengatakan, bahwa aroma spesial serai berfungsi meregangkan otot serta saraf yang tegang; jadi, mempertinggi kualitas tidur supaya lebih lelap.

3. Mengurangi perih pada perut

di 2 hari terakhir saya menambahkan kunyit pada air rebusan tersebut. Paduan jahe serta kunyit bisa meredakan perih akibat naiknya asam lambung. Ini saya buktikan sendiri saat suatu pagi perut saya terasa perih usai bangun tidur.

setelah minum segelas air putih, saya menetapkan untuk jua meminum air rebusan jahe, serai, dan kunyit. Hasilnya, tidak lama setelah meneguk segelas air tadi, perih pada perut pun langsung hilang.

Manfaat jahe serta kunyit buat gangguan di perut ini ternyata telah diteliti oleh banyak penelitian. keliru satunya International Journal of Molecular Sciences tahun 2019 yang menunjukan, jika kunyit mempunyai sifat anti-inflamasi serta antioksidan sehingga bisa mengobati problem pada perut serta pencernaan.

Begitu jua dengan jahe yg memiliki sifat sama menggunakan kunyit, sehingga membantu duduk perkara pencernaan, mengurangi mual, sampai melawan flu atau pilek.

akan tetapi pula bikin pengin buang air kecil terus!

bila imbas yang satu ini entah, saya harus menganggapnya menjadi galat satu manfaat atau justru dampak. sebab setiap kali meminum air jahe, serai, dan kunyit ini bawaannya saya ingin buang air mungil terus!

Rupanya selesainya menelisik, memang terdapat imbas berasal serai yang bersifat diuretik. konon, dengan pengin buang air kecil tadi, racun pada pada tubuh juga ikut terbawa. Jadi, bisa dikatakan air rebusan ini menjadi minuman detoksifikasi.

Meski ada impak sampingnya yakni pengin buang air melulu, tidak lantas mengurungkan niat aku buat terus rutin meminum minuman sehat ini. Terlebih ketika ini kita sangat disarankan untuk mengonsumsi kuliner serta minuman yang baik untuk daya tahan tubuh. Enggak terdapat salahnya mencegah daripada wajib mengobati, bukan? tetap jaga kesehatan, ya semuanya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

https://sites.google.com/view/ctmastarformation3/schedule https://sites.google.com/view/prem-ventures-nsf-seed-grant/ https://sites.google.com/view/uptownchristmastrees/ https://sites.google.com/view/schev-tempsite/home https://sites.google.com/view/worldbankspringmeeting/ https://sites.google.com/view/a-systems-approach-to-biology/ https://sites.google.com/view/a-systems-approach-to-biology/ https://tractgames.weebly.com/ https://parmatours.weebly.com/ https://qsoftmart.weebly.com/ https://focushub.weebly.com/ https://agmyrekstem.weebly.com/ https://mikebaginy.weebly.com/ https://freedomofthefringe.weebly.com/ https://paveyourlane.weebly.com/ https://midnightstudios.weebly.com/